RANGKUMAN

  1. Teknologi Informasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informsi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir dari dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas baru yang dapat mengatasi segala kemalasan dan kelambatan kinerja manusia.
  2.  Media komunikasi tradisional terdiri dari Asap, Kentongan, Prasasti dan Daun Lontar. Sedangkan media komunikasi modern meliputi Telegraf, Televisi, Telepon, Handphone, Poket PC, LCD Proyektor, Faksimili, Radio, Komputer dan Internet.
  3. Kata komputer berasal dari bahasa Yunani yaitu “computare” yang berarti menghitung. Komputer  sendiri adalah alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh penggunanya.
  4. Internet adalah kepanjangan dari Interconnected Network atau jaringan Komputer yang saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia.
  5. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
  6. Pada masa Pra Sejarah, manusia berkomunikasi dengan menggambarkan informasi padadinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya dan melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua untuk mewakilinya.
  7. Pada tahun 3000 SM, bangsa Sumeria menemukan tulisan berupa simbol-simbol yang disebut piktograf untuk pertama kalinya.
  8. Masa Modern, diawali dengan beredarnya koran pertama di Eropa sekitar tahun 1450 M.
  9. Pada tahun 1969 M, lahirlah ARAPANET yang merupakan cikal bakal dari Internet dunia.
  10. Perkembangan dan kemajuan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi tidak terlepas dari perkembangan alat hitung, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit seperti komputer. Beberapa alat hitung yang digunakan dimulai dari Abacus, Kalkulator roda numerik, kalkulator roda menanik dan kalkulator mekanik.
  11. Komputer generasi pertama ini mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar.
  12. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.

0 komentar:

Posting Komentar