Pengertian PGA (PIN GRID ARRAY)

PGA kependekan dari Pin Grid Array, adalah tipe koneksi (kaki-kaki mikroprosesor) yang secara fisik berupa deretan pin yang tersusun teratur sedemikian rupa, yang didesainkan pada mikroprosesor untuk dipasangkan pada soket yang sesuai yang ada pada motherboard. Soket yang dimaksud adalah soket yang kopatibel dengannya, dengan kata lain soket yang menjadi pasangannya. Pin-pin tersebut berupa deretan semacam ‘jarum pendek, kaku dan tumpul atau semacam kawat pendek terbuat dari logam’ .


Soket tipe PGA, sebagian besar menggunakan desain ZIF. Istilah ZIF (Zero Insertion Force) kurang lebih bermakna ‘penyisipan menggunakan nol kekutana’. Dengan menggunakan desain ZIF ini, maka pin-pin mikroprosesor akan mudah dimasukkan ke lubang-lubang pada soket tanpa adnya hambatan (tanpa perlawanan) apapun. Desain lubang seperti ini bertujuan untuk meminimalkan resiko bengkoknya pin-pin mikroprosesor akibat mekanisme penyisipan pin-pin mikroprosesor ke lubang soket tadi.
Hingga kini, terdapat beberapa varian (jenis/macam/versi/terserah dech) PGA, antara lain PPGA (Plastic Pin Grid Array) dan FCPGA (Flip-Chin Pin Grid Array). Kedua varian atau versi PGA tersebut dibuat oleh perusahaan Intel yang diaplikasikan pada produk prosesornya, yaitu Pentium. Varian yang lain adalah CPGA (Ceramic Pin Grid Array) dan OPGA (Organic Pin Grid Array). Kedua varian tersebut banyak digunakan oleh peruasahaan AMD yang diaplikasikan pada produk prosesornya, yaitu AMD Athlon Thunderbird dan AMD Duron yang keduanya bertipe CPGA dan didesain menggunakan soket A, serta Athlon XP yang bertipe OPGA.

Sumber :
http://www.mak-q.co.cc/2010/11/pengertian-pga.html
http://kangochyde.blogspot.com/2010/11/pengertian-pga-pin-grid-array.html

0 komentar:

Poskan Komentar